15 Alasan Menggunakan Kartu Nama Di 2020

Bahkan ketika bidang bisnis lainnya menjadi digital, kartu nama adalah andalan universal di seluruh dunia

Kartu nama telah menjadi alat bisnis yang sangat diperlukan sejak abad ke-15. Ratusan tahun yang lalu orang Cina menggunakan “calling cards” untuk memberi tahu orang-orang bahwa mereka bermaksud untuk mengunjungi, dan pedagang Eropa menggunakan kartu perdagangan mini untuk keperluan beriklan.
Saat ini, kartu nama masih memiliki peran penting dalam memberikan informasi profesional dan membangun koneksi yang langgeng.
Bahkan ketika bidang bisnis lainnya menjadi digital, kartu nama adalah andalan universal di seluruh dunia. Dan itu tidak akan berubah dalam waktu dekat.


Mengapa Anda Harus Membuat Kartu Nama di Tahun 2020
Berikut adalah 15 alasan mengapa Anda harus membuat kotak kertas kecil yang perkasa ini ke gudang bisnis Anda di tahun 2020.

1. Kartu nama menciptakan citra yang kredibel dan profesional.

Memiliki satu set kartu bisnis menunjukkan Anda siap dan peduli untuk tampil profesional dan membuat koneksi. Ini juga memberikan kontak baru dengan catatan fisik tentang siapa Anda dan bagaimana Anda dapat dihubungi, yang jauh lebih cepat daripada mengetikkan rincian seseorang ke perangkat seluler.

2. Kartu nama adalah alat jaringan yang vital.

Semakin banyak jaringan yang terjadi secara online, tapi itu masih belum menggantikan marketing secara ofline, terutama dalam hal membangun hubungan jangka panjang dengan para profesional di bidang Anda. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memiliki alat berwujud yang berisi informasi terpenting Anda.
Saat Anda berbicara dengan seseorang secara langsung, tidak ada alternatif digital yang dapat menggantikan tindakan menyerahkan sesuatu secara fisik untuk mengingatkan mereka tentang rapat tersebut. Memang, sementara kartu nama dapat tersesat di saku atau tas mereka, namun informasi digital lebih mudah hilang dalam kotak masuk atau kalender mereka. Menggunakan kedua cara itu ke jaringan Anda meningkatkan peluang Anda untuk bisa tetap terhubung.

3. Banyak orang masih mengharapkan kartu nama.

Orang-orang yang menghadiri acara komunitas atau jejaring berharap Anda memiliki kartu nama. Dengan kikuk menuliskan alamat email Anda pada serbet atau catatan di sobekan kertas tidak akan membuat kesan pertama yang terbaik. Itu adalah hal paling buruk, yang akan menandai Anda tidak profesional dan tidak siap. Dengan kartu nama, Anda dapat bertukar informasi penting dengan klien potensial atau koneksi dalam waktu singkat.

4. Mereka menyediakan cara yang cepat dan nyaman bagi orang untuk menghubungi Anda.

Jika Anda menemukan koneksi potensial dan Anda tidak punya waktu untuk berhenti dan mengobrol, kartu bisnis dapat menjembatani kesenjangan itu. Plus, kartu nama tidak hanya harus dibagikan secara langsung. Anda dapat meninggalkan kartu di bisnis lokal (sering kali di konter resepsionis, atau papan buletin), tempat klien dapat menemukannya dengan mudah dan menghubungi Anda.

5. Kartu nama dapat diakses dari mana saja.

Hal yang hebat tentang kartu nama adalah kartu nama tidak bergantung pada sebuah teknologi untuk bekerja. Jika Anda menghadiri konferensi di suatu tempat koneksi Internet tidak bagus, Anda tidak akan dapat bertukar rincian kontak dengan seseorang karena kode QR atau aplikasi email Anda tidak berfungsi. Perlu juga diingat bahwa walaupun sepertinya setiap orang terhubung secara online, tidak semua orang memiliki smartphone, beberapa pemangku jabatan penting di sebuah perusahaan bahkan masih menggunakan handphone biasa.

6. Kartu nama membuat Anda selangkah lebih maju.

Kartu nama dapat membantu Anda memenangkan klien baru. Tetapi untuk melakukan ini secara efektif, Anda – jika bukan kartu bisnis Anda – perlu menawarkan sesuatu yang bernilai kepada orang-orang. Secara umum, kartu nama harus dibagikan hanya setelah Anda membuat koneksi yang sebenarnya dengan seseorang, atau Anda telah melakukan promosi yang baik.
Sertakan detail pada kartu Anda tentang proposisi penjualan unik Anda. Ini bisa berupa apa saja dari status yang mengesankan tentang bisnis Anda, tips, dan trik, atau daftar navigasi yang bermanfaat. Pikirkan tentang apa yang dapat Anda tawarkan kepada orang-orang yang tidak dapat dilakukan pesaing Anda.

7. Kartu nama menyederhanakan pemasaran langsung dan dapat membantu meningkatkan penjualan.

Dalam dunia SEO, PPC, email dan pemasaran media sosial, ada sesuatu yang bisa dikatakan untuk pemasaran tatap muka. Ketika Anda memiliki kartu bisnis, calon prospek cenderung mengingat pitch Anda lebih dari iklan digital yang ditempatkan secara acak atau blasting email yang tidak diminta. Selain itu, memasukkan penawaran khusus atau kode diskon di bagian belakang adalah cara yang bagus untuk mengonversi lead dan meningkatkan penjualan.

8. Kartu nama akan menghidupkan merek Anda.

Kartu nama adalah perpanjangan dari branding Anda, apakah itu pribadi atau bisnis, jadi Anda harus meluangkan waktu untuk memastikan kartu Anda sesuai dengan identitas profesional perusahaan Anda. Warna kartu Anda harus sejalan dengan warna yang digunakan di situs web Anda dan materi promosi lainnya. Pikirkan font yang Anda gunakan. Personalisasi kartu Anda lebih lanjut dengan tagline bisnis dan logo khusus profesional.
Dengan menggunakan elemen yang sama di seluruh branding Anda, orang-orang akan mulai menghubungkannya dengan Anda dan perusahaan Anda dari waktu ke waktu, menjadikannya lebih berkesan.

9. Mereka dapat membantu Anda membuat kesan pertama yang hebat dan membantu orang lain mengingat Anda.

Kartu bisnis berkualitas tinggi akan membantu Anda dan merek Anda membuat kesan pertama yang hebat – dengan penekanan pada kualitas. Pikirkan kartu nama Anda sebagai perpanjangan dari citra profesional Anda. Jika kartu bisnis Anda terlihat murah atau dicetak pada kartu stok yang jelek, kartu itu akan berdampak buruk pada Anda. Kartu bisnis yang dirancang dengan baik dicetak pada kertas berkualitas menunjukkan bahwa Anda peduli dengan bisnis Anda.

10. Anda dapat membuat koneksi yang berarti dan membangun hubungan profesional.

Jika Anda pintar tentang konten yang Anda sertakan, kartu bisnis membuat bisnis Anda tampak lebih manusiawi. Lebih dari sekadar melihat orang yang terhubung dengan bisnis yang biasanya tanpa wajah, ini adalah kesempatan untuk memudahkan orang menghubungi Anda dan benar-benar menawarkan sesuatu yang bernilai. Membuat kartu nama adalah titik awal yang efektif untuk membangun dan memelihara koneksi yang baik dengan klien atau calon klien Anda.

11. Bentuknya portabel dan mudah disimpan.

Tidak seperti materi pemasaran lainnya seperti pamflet atau brosur, setumpuk kartu nama mudah untuk diangkut, dan satu kartu nama mudah disimpan. Sementara sebuah pamflet atau brosur kemungkinan akan dibuang, ukuran standar kartu nama adalah 3,5 x 2 inci – ukuran yang sempurna untuk dimasukkan ke dalam dompet atau saku. Ini berarti bahwa koneksi potensial dapat bertahan dengan baik pada kartu bisnis Anda di masa depan dan sewaktu-waktu dapat di hubungi di kemudian hari.

12. Dalam beberapa budaya, tidak pantas untuk tidak menggunakan kartu nama.

Pertukaran kartu nama menjadi momen ritual di seluruh dunia, dalam beberapa budaya Anda akan tampak tidak profesional jika Anda tidak memilikinya, bahkan dapat menyebabkan sebuah pelanggaran. Misalnya, di Jepang, hubungan bisnis tidak dapat dimulai sebelum Anda bertukar kartu nama.

13. Kartu nama yang berkesan menonjol dan membuat Anda lebih mudah di referensikan

Kartu bisnis akan membantu Anda menonjol dari mereka yang tidak memiliki kartu nama. Tetapi kartu nama yang stylish dan dirancang dengan baik akan terlihat lebih “menonjol” di antara setumpuk kartu nama yang dikumpulkan di sebuah konferensi atau pameran dagang.
Terkadang koneksi tidak hanya menyimpan kartu Anda sendiri; mereka bahkan mungkin menularkannya kepada orang lain yang lebih relevan dalam jaringan mereka, sehingga menciptakan peluang karier yang bahkan mungkin tidak terpikirkan oleh Anda. Ini adalah alasan lain untuk memastikan kartu bisnis Anda memiliki kualitas dan desain yang baik. Tentunya Anda tidak ingin merasa malu membagikan dengan calon pelanggan potensial, hanya karena desain yang tidak profesional atau dibuat dengan bahan yang murah.

14. Kartu nama hemat biaya

Jika dibandingkan dengan materi pemasaran lainnya dan strategi branding, kartu nama adalah cara yang cukup terjangkau untuk mempromosikan diri Anda.

15. Anda akan selalu siap untuk membuat koneksi

Portabilitas kartu bisnis berarti bahwa Anda dapat membawa set kapan saja, tidak hanya ketika Anda menghadiri konferensi perusahaan atau acara komunitas. Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan bertemu kontak yang berharga. Apakah Anda menghadiri pesta keluarga atau berlibur, memiliki satu atau dua kartu bisnis di saku belakang Anda ternyata bermanfaat besar.
Sekarang, Anda mungkin sudah yakin dengan manfaat kartu nama dan ingin membuatnya sendiri.

<